• Si Shaleh yang Salah

    Sahabat, pernahkah Anda mendengar kisah seorang yang shaleh, namun karena ‘kesalehannya’ malah terjerumus dalam kematian sia-sia?
    Ceritanya begini.
    Dikisahkan ada seorang ‘saleh’ yang hidupnya selalu berpegang pada tali Allah. Dia tidak pernah mempercayai ramalan nasib dan sejenisnya. Dia tidak pernah berjudi. Pendeknya hidupnya lurus dan bersih.
    Suatu hari, daerah tempat tinggalnya dilanda hujan badai dan nyaris menjadikan daerah tempat tinggalnya tersebut bagai danau. Air tergenang di seluruh penjuru, menyelimuti seluruh daerah.  Berulang-ulang bala bantuan datang mengevakuasi penduduk.
    Namun si shaleh tetap saja bertahan, “Aku tak membutuhkan pertolongan kalian. Aku menunggu pertolongan Tuhanku“, katanya bersikeras hingga maut akhirnya datang menjemput.
    Alkisah, di alam barzah si orang shaleh tadi protes kepada Tuhan, “Ya Allah, mengapa Kau tidak menolongku di saat aku sangat membutuhkan pertolongan-Mu? Bukankah selama ini aku selalu menuruti perintah-Mu dan menjauhi larangan-Mu?“
    Tuhan menjawab, “Bukankah Aku sudah menurunkan pasukan katak dan helikopter untuk menolongmu. Namun mata hatimu tidak mau terbuka menerima bantuan-Ku karena keangkuhanmu. Apakah belum sampai firman-Ku padamu seperti tertulis dalam surah al-Kahfi ayat 95: “Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan manusia dan alat-alat.“

    Chichi Sukarjo

0 komentar:

Posting Komentar